Menariknya Upacara Peusijuek, Upacara Adat dari Aceh

Upacara Peusijuek

Sunstyle Vacations Salah satu wilayah yang masih menyimpan kearifan lokal masyarakatnya ialah Aceh. Aceh yang dijuluki Kota Serambi Mekah ini ternyata tidak lepas dengan budaya hasil asimilasi dari agama Hindu. Terbukti dengan adanya bentuk upacara adat, yaitu upacara Peusijuek. Upacara yang satu ini telah dilakukan oleh masyarakat Aceh sejak zaman dahulu hingga saat ini di berbagai kegiatan adat mereka. Mulai dari pernikahan, perayaan, tasyakuran, dan kegiatan-kegiatan lainnya selalu menggunakan upacara Peusijuek. Jika Anda adaah orang Ibukota yang tertarik untuk belajar atau sekedar menyaksikan upacara ini, maka Anda bisa datang ke Aceh bisa melewati jalur udara atau jalur darat dengan menggunakan sewa bus pariwisata Jakarta Timur atau sekitarnya.

Fungsi dan Tujuan Upacara Peusiijuek

Upacara adat Peusijuek sejatinya merupakan upacara yang digunakan orang-orang adat Aceh untuk meminta selamat, tentram, dan hidup yang bahagia. Sebagai sebuah warisan budaya dari para leluhur, upacara adat ini memiliki fungsi dan tujuan yang cukup mulia. Upacara ini dilakukan sebagai bentuk rasa syukur atas segala nikmat yang diberikan oleh Tuhan. Selain itu, doa-doa yang dibacakan juga sebagai permohonan kepada Tuhan supaya hidup mereka diberi keselamatan dan ketenangan.

Proses Berlangsungnya Upacara Peusijuek

Upacara Peusijuek biasanya berlangsung kapan saja sesuai dengan kegiatan adat masyarakat Aceh. Saat proses dilakukannya, terdapat tiga hal yang harus diperhatikan, yaitu perangkat upacara, gerakan, dan doa. Pria yang dipesuijuekkan akan dilakukan oleh seorang Teuku atau Ustaz, sedangkan untuk perempuan akan dilakukan oleh Ummi atau perempuan yang sudah dianggap sesepuh. Bahan yang harus disiapkan untuk upacara ini yaitu talam, bu leukat, u mirah, breueh pade, on sisikuek, teupong tapeue, sangee, neleueng sambo, manek manoe, dan glok. Gearakan yang dilakukan dalam upacara ini juga tidak boleh sampai salah karena sifatnya yang sangat sakral. Doa dilakukan oleh tokoh agama atau tokoh adat yang sudah dipercaya oleh penduduk untuk memohon keselamatan, kebahagian, dan ketenangan kepada Tuhan dan itu dilakukan sesuai dengan syariat Islam.

Untuk melihat upacara Peusijuek Anda harus ke Tanah Aceh karena disanalah upacara tersebut digelar sebenar-benarnya untuk berdoa kepada Tuhan memohon keselamatan dan kebahagiaan, serta bersyukur dalam hidup. Anda bisa sewa bus pariwisata Jakarta jika rumah Anda terletak di Jakarta Timur atau Anda bisa menggunakan berbagai macam bentuk alat transportasi menuju ke Aceh untuk melihat upacara Peusijuek.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*